Penelitan tentang masalah sampah


Proposal penelitian tentang Sampah

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi bangsa Indonesiafadalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yangnberbahaya dan sulit dikelola. Manusia memang dianugerahi Panca Indera yang membantu nya mendeteksi berbagai hal yang mengancam hidupnya.Namun di dalam dunia modern ini muncul berbagai bentuk ancaman yang tidak terdeteksi oleh panca indera kita, yaitu berbagai jenis racun yang dibuat oleh manusia sendiri.
          Sifat racun sintetis yang tidak berbau dan berwarna, dan dampakkesehatannya yang berkepanjangan  membuatnya lepas dari perhatian kita. Kita lebih risau dengan
gangguan yang langsung bias dirasakan oleh pancaindera kita..
          Komposisi sampah atau limbah plastik yang dibuang oleh setiap rumah tangga adalah 9,3% dari total sampah rumah tangga. Di kota Jakarta pusat rata-rata setiap kelurahan menghasilkan satu ton limbah plastic setiap minggunya. Jumlah tersebut akan terus bertambah, disebabkan sifat-sifat yang dimiliki plastik, antara lain tidak dapat membusuk, tidak terurai secara alami, tidak dapat menyerap air, maupun tidak dapat berkarat, dan pada akhirnya menjadi masalah bagi lingkungan.
B. Identifikasi Masalah
1. Apa dampak sampah terhadap kesehatan lingkungan?
2. Apa keuntungan dan kerugian sampah bagi masyarakat di lingkungan?


C. Pembatasan Masalah
Untuk mempermudah memahami permasalahan, perlu adanya pembatasan masalah. Agar tidak menyimpang dari persoalan pokok, maka pembatasan masalah terbatas pada :
1. Penelitian ini membahas masalah pada Dampak Sampah Terhadap Kesehatan Lingkungan
2. Penelitian ini membahas masalah keuntungan dan kerugian sampah bagi masyarakat di lingkungan Jl. Mawar

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang masalah,  serta pembatasan masalah seperti yang dikemukakan diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh sampah terhadap kesehatan masyarakat, dan seberapa besar dampak sampah bagi kehidupan di lingkungan jl. mawar.

E. Tujuan
Dalam penyusunan makalah ini memiliki tujuan yaitu, Penyusun ingin memberipengetahuan tentang pengaruh bahayanya sampah yang berdampak terhadap kesehatan masyarakatdan racun yang terkandung dalam sampah.

F. Manfaat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu digunakan sebagai bahan informasi bagi objek penelitian dalam kaitannya dengan sampah bagi kesehatan masyarakat dan manfaat sampah.


BAB II KAJIAN TEORI

A. Landasan Teoritik
Menurut pendapat saya, sepanjang penelitian yang saya lakukan, sampah di lingkungan jl. Mawar kondisinya masih banyaknya sampah yang bertebaran di lorong jalan, dan pemanfaatan sampah di lingkungan tersebut belum dilakukan sama sekali.

B. Hipotesis
Dari penelitian yang saya lakukan Adanya hubungan antara polusi sampah dengan kesehatan masyarakat, dan pemanfaatan sampah belum dilakukan dengan semestinya jika saja warga jl. Mawar memanfaatkan sampah itu maka dapat membuat lapangan pekerjaan di lingkungan tsb.

C. Objek Penelitian
Objek penelitian yang saya kaji mengenai keadaan sampah di Lingkungan, hubungan antara polusi sampah dengan kesehatan masyarakat, dan pemanfaatan sampah di lingkungan tsb.

D. Telaah Pustaka
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya. Ada sampah an-organik dan sampah organic


BAB III METODE PENELITIAN

A. Identifikasi Variabel
·       Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Sampah
·       Variabel terikatnya adalah Kebersihan Lingkungan
·       Variabel Peganggunya adalah Masyarakat, Pencemaran udara

B. Populasi
·       Populasinya adalah di daerah Lingkungan jl. mawar

C. Metode Pengumpulan Data
·       Analisis media massa dengan mengunduh internet
·       Wawancara dilakukan dengan masyarakat di lingkungan Jl. Mawar Observasi, peneliti mengunjungi wilayah lingkungan jalan mawar




BAB IV ANALISI DATA


A. Latar Belakang Objek Penelitian
          Objek penelitian yang dikaji yaitu sampah. Sampah dilingkungan sangat lah meresahkan, banyak sampah yang menumpuk di pinggir jalanan, di tengah jalan pun sering muncul, dan pengolahan sampah di lingkungan ini pun belum ada sama sekali. Oleh karena itu, pengolahan sampah harus digalakkan agar populasi sampah di lingkungan tersebut menjadi berkurang.


B. Analisa Data
          Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Secara umum pembuangan sampah yang tidak memenuhi syarat kesehatan lingkungan akan dapat mengakibatkan,tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air dan udara, menjadi sumber dan tempat hidup kuman-kuman yang membahayakan kesehatan dan membuat sampah bertebaran di pinggir jalan. Beberapa cara pemusnahan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana yaitu penumpukan, pembakaran, daur ulang sampah, dan pengomposan sampah. Dengan cara ini volume sampah menjadi berkurang, dan pemanfaatan sampah dapat menguntungkan untuk warga sekitar.



BAB V KESIMPULAN DAN SARAN



A. Kesimpulan

             Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan konsep buatan manusia, dalam proses-proses alam tidak ada sampah, yang ada hanya produk-produk yang tidak bergerak.
            Jadi semakin banyak sampah yang tertimbun semakin banyak penyakit yang terdapat di sampah.

B. Saran
Dari kesimpulan di atas maka
1.      disarankan kepada warga untuk memperhatikan sampah yang ada di lorong jalan tersebut, agar tidak ada lagi bau yang tercemar oleh sampah, dan warga sekitar ataupun warga lain tidak segan untuk melewati jalan tersebut,
2.      Bagi peneliti selanjutnya dapat memeliti faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dengan dampak sampah.

 by: siskadewipane-

 Pesan: Jika artikel ini membantu kamu, tolong beri komentar dibawah ini. terima kasih. have a nice day :)



Komentar

Triaji Doni Prakoso mengatakan…
cukup membantu terimakasih
Anonim mengatakan…
cukup membantu terimakasih
Anonim mengatakan…
thx
Unknown mengatakan…
Ini cukup membantu
Terima kasih🙂
Rully Sihalohho mengatakan…
kak kalo boleh tau daftar pustakanya apa ya



Unknown mengatakan…
Cukup membantu.. Terimakasih..😊

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman materi Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 Lengkap ips kelas 9 smp

Penyebab Maluku ingin Keluar Dari indonesia dan usaha pemerintah Mengatasi keluarnya maluku dari Indonesia